Tren investasi di Kota Jayapura meningkat

By Administrator 25 Sep 2023, 08:22:46 WIB Tetang Perizinan
Tren investasi di Kota Jayapura meningkat

Gambar : Kepala-DPM-PTSP-Kota-Jayapura


Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu atau DPM-PTSP Kota Jayapura, Fillep C. Hamadi, mengaku tren investasi di Kota Jayapura terus meningkatkan seiring dengan kemajuan kota.

“Kota Jayapura menjadi sasaran investasi selama ini, karena suasana yang kondusif dan aman bagi investasi,” ujar Fillep Hamadi di kantor DPM-PTSP Kota Jayapura, APO, Senin (24/7/2023).

Berdasarkan data DPM-PTSP Kota Jayapura, tren investasi hingga semester I atau Juli 2023 mencatatkan Rp9 triliun lebih untuk investasi jenis usaha skala besar seperti supermarket, perhotelan, dan restoran.

“Investasi yang terhitung dengan nilai modal di atas Rp1 miliar lebih yang wajib melaporkan LKPM kepada negara setiap tahun dan itu belum termasuk nilai investasi di bawah Rp1 miliar yang dikategorikan UMKM dan usaha-usaha kecil di Kota Jayapura,” jelasnya.

Selain faktor keamanan, faktor yang menyebabkan tren investasi di ibukota Provinsi Papua ini terus meningkatkan setelah adanya jembatan Youtefa atau biasa disebut jembatan merah sejak tahun 2019.

“Investor mulai berlomba-lomba untuk berinvestasi di Kota Jayapura dengan membuka usaha seperti cafe, perumahan. Kami juga mengingatkan agar memperhatikan lingkungan agar tetap terjaga,” ujarnya.

Dampak dari meningkatnya investasi membuka lapangan kerja baru. Hal ini juga berdampak pada pendapatan dan peningkatan perekonomian masyarakat. Investasi menjadi daya tarik sekaligus penyumbang pendapatan asli daerah atau PAD.

DPM-PTSP Kota Jayapura gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama calon investor agar berinvestasi di Kota Jayapura. Meski mengandalkan jasa dan perdagangan, Kota Jayapura mampu bersaing dengan daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam atau SDA cukup melimpah.

“Saya berharap masyarakat terus mendukung peningkatan pembangunan dengan menjaga keamanan dan kenyamanan. Kami juga memberikan kemudahan dalam perizinan agar menarik minat investor,” katanya.

Fillep Hamadi menambahkan dengan kemudahan perizinan yang diberikan negara melalui OSS (online single submission) dan hadirnya MPP (mal pelayanan publik) dapat dimanfaatkan masyarakat guna meningkatkan usaha mereka. (*)

 

Tren Investasi Di Kota Jayapura Meningkat  | Jubi.id




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Kepala DPMPTSP
Fillep C. Hamadi, SE

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 0

  • Today Visitor 11

  • Hits hari ini 15

  • Total pengunjung 70079

  • IP Anda 3.133.141.6